6 Oleh-oleh Makanan Khas Jogayakarta

6 Oleh-oleh Makanan Khas Jogayakarta

6 Oleh-oleh Makanan Khas Jogayakarta -Kamu berencana pergi wisata ke Jogyakarta? Selain mencari tahu informasi tempat-tempat wisata menarik dan aneka jajanan kuliner khas Jogyakarta, informasi memburu oleh-oleh juga sebaiknya kamu persiapkan.

Selain batik dan Kaos Dagadu, oleh-oleh makanan khas Jogyakarta bisa jadi pilihan. Oleh-oleh khas jogya sudah terkenal banget dengan rasanya sedap. Oleh-oleh makanan khas Jogyakarta ini juga bisa membawa kebahagiaan bagi orang rumah yang tidak bisa ikut jalan ke Jogyakarta. Ya.. Siapa sih yang gak suka dibawain makanan.. gratis pula. 
Berikut informasi 6 Oleh-oleh Makanan Khas Jogayakarta yang bisa jadi referensi kamu.

1. Bakpia

Bakpia adalah salah satu makanan yang sangat identik dengan Yogyakarta.Terbuat dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau dan dimasak dengan cara dipanggang. Kamu bisa mendapatkan bakpia di kawasan Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo dan berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Yogyakarta.

2. Geplak

Cemilan lain khas Jogyakarta adalah Geplak. Geplak terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis dan diberi campuaran gula. Sehingga identik dengan rasanya yang manis. Saat ini Geplak tersedia dalam berbagai rasa dan warna. 

3. Yangko

Yangko adalah kue moci khas Yogyakarta. Yangko terbuat dari tepung beras ketan, bertekstur kenyal, berisi kacang cincang dan rasanya manis legit persis kue moci. 
Salah satu produsen yangko yang terkenal di Jogyakarta adalah Yangko Pak Prapto. Yangko Pak Prapto telah ada sejak tahun 1921 dan dijuluki sebagai yangko generasi pertama. Kamu bisa menemukan Yangko Pak Prapto di Jalan Pramuka No. 82, Yogyakarta. Selain di sini, kamu juga bisa mendapatkan yangko di berbagai tempat di Jogyakarta.

4. Gudeg Kering

Ada dua jenis Gudek Jogyakarta. Gudeg basah dan gudeg kering. Untuk oleh-oleh tentunya lebih praktis dan lebih awet kalau kamu memilih gudeg kering. Secara rasa, gudeg kering tak banyak berbeda dari gudeg basah hanya terasa lebih manis. Gudeg kering ini bisa bertahan sampai 3 hari di udara kamar. 
Salah satu tempat yang menjual gudeg jenis ini adalah Gudeg Yu Djum yang terletak di Jalan Kaliurang
 5, Yogyakarta. Di sini, kamu bisa menikmati gudeg di tempat atau memesan paket untuk dibawa pulang. 

5. Coklat Monggo

Coklat Monggo adalah coklat khas Yogyakarta dengan citarasa Belgia karena pemiliknya yang berkebangsaan Belgia. Meski begitu, Coklat Monggo diolah dari biji coklat pilihan yang didapat dari Jawa, Sumatera dan Sulawesi dan dikemas dengan membawa unsur budaya Jawa. Misalnya kemasan yang menampilkan karakter wayang serta nama “moggo” bahasa Jawa yang artinya ‘silahkan’.  
Untuk mendapatkan Coklat Monggo, kamu bisa berkunjung ke Jalan Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta. Di sana, selain bisa membeli coklat, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan coklat di dapurnya yang hanya disekat dinding kaca.

6. Salak Pondoh

Di Jogyakarta terdapat satu tempat agrowisata yang terletak di Kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman. Luasnya sekiat 27 hektar. Memiliki perkebunan salak dilengkapi dengan taman bermain anak, kolam renang dan juga kolam pancing. Di sini kamu bisa mendapatkan salak pondoh manis segar dengan daging kering berwarna putih. Kalau tidak bisa berkunjung ke sini, kamu tetap bisa membeli salak pondoh di kios-kios buah di sepanjang jalan kota Yogyakarta.

Nah itu dia gan makanan khas Yogyakarta,semoga tertarik dan siapkan sedikit uang anda bisa berlibur ke Yogyakarta bersama keluarga.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "6 Oleh-oleh Makanan Khas Jogayakarta "

  1. Saya belum pernah coba yang coklat itu wah enak kayaknya ya bang. sudah mendaftar di adsense apa di ID

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mkanya ke jogja bro. Emmm adsense gan

      Delete
  2. Nah, ini yang lagi gua incer... cokelat monggo asing banget kayaknya tuh... bolehlah dicoba pas nanti dijogja... makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa pada penasarn ma coklat ya ane juga belum pernah hahaha. Sama2 thx udah mampir bro

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.